Cara Membersihkan Muka

July 01, 2012


Siapa yang tidak ingin mukanya kelihatan bersih dan cerah. Semua pasti menginginkan hal itu. Berbagai produk perawatan pun banyak beredar di toko-toko. Namun masih sedikit yang belum mengerti bagaimana caranya, tentu dengan tips perawatan yang baik dan sehat. Pakar kulit kecantikan mengatakan, di Indonesia banyak wanita yang cenderung malas merawat muka. Seringkali karena sudah lelah dengan aktivitas seharian, mereka membersihkan muka seadanya atau malah langsung tidur.
 
cara membersihkan muka

Kondisi kulit muka yang tertutup make-up seharian, serta kondisi iklim yang kering dan panas akan merusak kulit apabila tidak dibiasakan untuk dirawat dan dibersihkan secara teratur. Waktu yang baik adalah saat mau mandi dan menjelang tidur. Atau mungkin kita sudah membersihkan sisa make-up, namun hasil yang didapat tidak maksimal. Yaitu pada proses cleansing, akibatnya dapat timbul jerawat dan kulit akan menjadi kusam.

Nah, untuk itu dibawah ini ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan, yakni :

1. Pertama, untuk membersihkan sisa make-up dengan sempurna, dimulai dengan sabun muka yang cocok sesuai jenis kulit. Lalu dilanjutkan dengan toner khusus muka yang lembut. Ingat, toner tidak sama dengan penyegar muka, karena fungsinya berbeda.

2. Proses membersihkan make-up sebaiknya dilakukan rutin minimal 2 kali sehari.

3. Untuk membersihkan kulit muka, gunakan air hangat. Lalu basahi telapak tangan dengan air, ambil sedikit cleanser, gosok hingga mengeluarkan busa. Bersihkan muka perlahan hingga ke daerah leher dengan busa. Lakukan gerakan memutar sambil dipijat perlahan untuk mengeluarkan sisa kotoran pada muka, sekaligus memperlancar peredaran darah.

4. Bilas muka dengan kain lembut yang dibasahi air dingin untuk menutup pori-pori. Keringkan dengan handuk kecil.

5. Langkah terakhir, jangan lupa untuk mengoleskan moisturizer atau pelembap supaya kulit tidak kering.

Sedikit QnA

1. Bolehkah memakai sabun mandi untuk membersihkan kulit muka?
Menurut pakar kecantikan, sebenarnya hal ini tergantung beberapa hal seperti frekuensi pemakaian dan jenis kulitnya. Namun sebaiknya memakai sabun khusus muka, terutama bila kulit kita termasuk kering dan sensitif.
Karena kadar pH ( tingkat keasaman sabun ) sabun mandi lebih keras dari pembersih wajah.

2. Toner atau Astrigent, mana yang boleh dipakai ?
Toner atau astrigent berguna untuk mengangkat sisa kotoran yang tertinggal dan memberi rasa segar pada kulit. Namun jika kita  telah membersihkan kulit dengan sempurna dan kulit terasa nyaman tanpa menggunakan toner, maka tidak perlu digunakan. 

3. Bagaimana memilih pembersih kulit yang tepat untuk kulit berjerawat ?
Pakai pembersih yang mengandung bahan anti jerawat seperti salicylic acid ( asam salisilat ) saat muka sedang berjerawat lalu beralih ke pembersih biasa saat jerawat mulai hilang.

Beberapa tips dan cara diatas dapat dipraktekkan secara rutin agar hasilnya maksimal. Selain itu pola makan dan gaya hidup juga sangat berpengaruh agar kulit kita mendapat asupan makanan yang sehat dan bergizi.

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © caramerawatmuka.blogspot.com Cara Merawat Muka