Penyebab Kulit Wajah Kering

July 30, 2012

Kulit wajah kering? Ada berbagai tips perawatan untuk mengatasinya. Namun sebaiknya juga harus diketahui penyebab kulit wajah kering apa saja. Ciri-ciri kulit kering ditandai dengan adanya keriput di wajah, terlihat kusam, kadang gatal dan bersisik. Faktor penyebabnya rata-rata disebabkan oleh faktor genetika, tetapi disamping bisa juga karena kekurangan asupan cairan, kekurangan vitamin E, dan terlalu banyak terkena sinar matahari.

penyebab kulit wajah kering

Dibawah ini ada beberapa hal lain yang menjadi faktor penyebabnya, diantaranya :

  • Karena Pengaruh Obat. Obat bisa mengakibatkan kulit wahah menjadi kering. Jenisnya biasanya obat penghilang jerawat atau obat tertentu. Untuk solusinya, selalu gunakan pelembab agar kulit tidak terdehidrasi.
  • Terjadi Penuaan Dini. Saat kita memasuki usia matang, penuaan dini memang menjadi faktor yang mengancam. Gunakan pelembab anti penuaan dini yang dapat memberikan manfaat untuk kulit wajah. Contohnya dengan menggunakan serum untuk meremajakan kulit dan memperbaiki DNA yang rusak., menghilangkan radikal bebas, serta meningkatkan produksi elastin dan kolagen. 
  • Mencuci Wajah Berlebihan. Membersihkan wajah dengan sabun terlalu sering juga dapat mengakibatkan wajah menjadi kering. Solusinya menggunakan pelembab.
  • Faktor Cuaca. Disini cuaca juga merupakan faktor yang mengakibatkan kulit wajah kering. Cuaca yang terlalu panas atau dingin, menjadi penyebab kulit wajah kering. 
Masalah inti yang terjadi pada kulit wajah kering sebenarnya tubuh atau kulit kekurangan asupan cairan. Bisa terjadi mungkin karena pola hidup yang salah serta adanya keengganan untuk mengkonsumsi air saat melakukan atau sesudah beraktifitas. Untuk air yang baik dikonsumsi adalah air putih yang sudah dimasak.

Hal yang harus dihindari agar tidak terjadi kulit kering :
  • Hindari minuman bersoda 
  • Hindari scrub wajah yang terdiri dari garam atau kacang-kacangan 
  • Jangan membersihkan kulit dengan air panas karena dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering.
  • Hindari penyegar wajah yang mengandung alkohol
Beberapa tips dan cara diatas bisa dijadikan referensi dan pengetahuan agar sebisa mungkin dihindari. Setelah mengetahui penyebabnya, tentunya perawatan untuk kulit kering sangat penting dilakukan agar selalu terjaga kelembapan kulit. 

Masker Buah Untuk Wajah Berjerawat

Siapa yang tidak suka dengan jerawat? Membuat dan mengaplikasikan masker sangat penting untuk membantu supaya jerawat hilang dan kulit wajah terlihat bersih. Banyak buah-buah disekitar kita yang bisa dijadikan masker alami. Selain efek negatifnya tidak ada, masker ini bahannya mudah didapat dan tidak sulit.

Masker Buah Untuk Wajah Berjerawat

Beberapa buah dibawah ini bisa dijadikan bahan untuk membuat masker, sebaiknya dilakukan maskering secara rutin agar hasil yang didapatkan dapat maksimal :

  • Masker Lemon. Buah lemon mempunyai kandungan fosfor, kalium, alkalin dan berbagai vitamin lainnya seperti vitamin B1, B2, A, C. Untuk cara membuatnya yaitu : peras lemon dan campur dengan putih telur yang sudah dikocok. Oleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit. Bersihkan dengan air hangat.
  • Masker Strowberry. Masker ini dibuat dengan mencampurkan 8 atau 9 buah strowberry yang sudah dihaluskan dengan 3 sdm madu. Oleskan merawat pada wajah. Bilas dengan air hangat.
  • Masker Apel. Buah apel mengandung fruktosa dan flavanoids. Cara membuat masker apel dengan mengambil 1 buah apel ukuran sedang untuk diparut. Dan campur dengan 5 sdm madu. Oleskan pada wajah selama 15 menit, bilas dengan air dingin.
  • Masker Pisang. Buah pisang mengandung mucopolysaccharides dan antioksidan. Cara membuatnya tumbuk 2 pisang ukuran sedang secara halus, kemudian taruh di dalam mangkok. Lalu tambahkan 2 sdm madu supaya berbentuk seperti pasta. Oleskan merata pada wajah, diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air hangat.

Masker buah untuk wajah berjerawat mempunyai peranan penting. Karena seiring dengan menumpuknya kotoran dan debu yang menempel pada wajah kita, bisa mengakibatkan timbulnya jerawat dan wajah terlihat kusam. Apabila tidak dilakukan maskering secara rutin, jerawat akan timbul lebih banyak.

Sebelum mengaplikasikan masker diatas, penting untuk selalu diingat agar wajah  dibersihkan terlebih dahulu sebelum dilakukan maskering. Caranya dengan membasuh wajah dengan air hangat supaya pori-pori wajah terbuka dan mampu menyerap nutrisi dari masker. 

Masker Wajah Berjerawat

July 29, 2012

Perlukan membuat masker yang khusus mengobati jerawat? Ya, untuk jenis kulit berjerawat memang sebaiknya menggunakan masker secara rutin dan teratur agar jerawat semakin hilang. Namun kalau kita tidak rajin membersihkan wajah, dan menggunakan produk kosmetik yang cocok dengan tipe kulit. Jerawat bisa timbul karena beberapa faktor, diantaranya perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Contoh perubahan hormonal adalah pada masa menstruasi, saat kehamilan, penggunaan pil KB dan stress.

masker wajah berjerawat 

Jerawat dapat terjadi ketika sel-sel kulit yang mati bercampur dengan debu atau kotoran. Campuran yang lengket dan tebal itu bisa membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih. Bisa juga karena penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation.

Maka dari itu, aplikasi perawatan menggunakan masker seharusnya menjadi bagian dari perawatan yang wajib dilakukan secara berkala. Jenis masker wajah berjerawat ada beberapa macam, bisa dikatakan banyak masker yang berguna untuk perawatan wajah berjerawat. 5 macam masker wajah berjerawat dibawah ini dapat diaplikasikan secara rutin :

1. Masker Putih Telur. Masker ini dibuat dari bahan putih telur saja. Untuk membuatnya campur putih telur dengan perasan air lemon atau air jeruk nipis, serta tambahkan sedikit madu. Gunakan masker 2x seminggu untuk hasil maksimal.

2. Masker Oatmeal dan Bawang Merah. Penelitian membuktikan bahwa bawang merah berkhasiat untuk penghilang jerawat. Cara membuatnya campurkan adonan oatmeal yang sudah dimasak dengan bawang merah yang sudah dihaluskan. Gunakan masker 5-15 menit, setelah itu bersihkan muka.

3. Masker Madu dan Yoghurt. Cara membuat dengan mencampurkan satu sendok teh madu dan satu sendok teh yoghurt, oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 15 menit.

4. Masker Baking Soda. Untuk masker ini cukup mencampur baking soda secukupnya dengan air. Diamkan  selama 20 menit kemudian bersihkan muka.

5. Masker Garam. Masker ini dibuat dengan mengambil garam laut atau gara dapur secukupnya, lalu masukkan garam ke dalam air. Diamkan kurang lebih 20 menit. Lalu setelah itu endapan garam dioleskan ke wajah. Lakukan rutin agar hasilnya maksimal.

Berbagai masker diatas apabila diaplikasikan secara rutin, maka dijamin jerawat akan hilang dan kulit wajah bertambah kencang,terlihat segar dan cerah.

Penyebab Muka Berminyak

Ada yang mempunyai tipe kulit muka yang berminyak? Jangan bingung, banyak faktor yang menyebabkan kulit muka menjadi berminyak. Bisa jadi dari faktor internal dan eksternal. Ciri apabila memiliki kulit muka yang berminyak yaitu kulit terlihat mengkilap, dan kusam. Nah, apabila kondisi ini tidak dirawat dan dibiarkan saja, maka pori-pori dimuka dapat tertutupi oleh minyak yang berlebih sehingga dapat menimbulkan jerawat.

Penyebab Muka Berminyak

Penyebab Wajah Berminyak
Untuk merawat kulit berminyak dengan cara yang baik dan benar merupakan proses yang tidak mudah, dimana membutuhkan keseimbangan antara mengurangi keluarnya minyak tanpa harus menyebabkan masalah baru, dengan membuat kulit jadi kering.

Penyebab Muka Berminyak ( Penyebab Utama)
Hal yang utama adalah faktor gen. Pada banyak kasus, faktor ini merupakan faktor yang paling sering ditemukan. Bila dari keturunan orang tua mempunyai jenis kulit muka berminyak, maka anaknya pun akan memiliki jenis kulit muka sama. Tetapi, meskipun faktor keturunan diduga sebagai penyebab kulit berminyak, dokter kulit akan tetap merekomendasikan pilihan diet dengan tujuan untuk  mengatasi masalahnya.

Disamping itu, faktor lain yang dapat menimbulkan kulit berminyak yang lainnya adalah :
- Ketidak seimbangan hormon yang biasa terjadi saat kehamilan atau kejadian lainnya.
- Pembersih dan sabun muka yang mengandung alkohol terlalu kuat dapat memicu produksi minyak yang lebih banyak.
- Mencuci muka terlalu sering. Apabila Anda mencuci muka secara berlebihan dan menghilangkan sebum, kulit akan berubah jadi kering, bersisik, dan justru dapat menimbulkan gatal. Serta, penghilangan minyak tersebut akan merangsang kelenjar sebaceous menghasilkan lebih banyak minyak dan dapat menyebabkan kondisi yang disebut Reactive Seborrhea.
- Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak dan bersantan seperti rendang, kari dan masakan lainnya.
- Merokok dapat memaksa kulit wajah untuk mengeluarkan minyak.
- Kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin, serat dan mineral.
- Mengkonsumsi obat yang dapat memicu produksi minyak.
- Menggunakan produk perawatan atau kosmetik yang tidak cocok.

Hal-hal diatas adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan kulit cenderung mempunyai minyak berlebih. Tetapi, selain perawatan, diet makanan juga berguna untuk mengatasi masalah kulit berminyak, jaga pola makan Anda dan jangan lupa olah raga sehat.

Cara Merawat Muka Kering

Jenis tipe kulit bermacam-macam. Dan setiap tipe memiliki perawatan yang berbeda. Untuk merawata muka yang bertipe kering, juga diperlukan perawatan khusus. Kulit muka kering mempunyai ciri permukaan kulit tidak kenyal, dan cepat keriput. Tanda kulit kering yang lain adalah : kulit terlihat kusam, kasar, kadang terlihat agak pecah-pecah.

cara merawat muka kering

Untuk melakukan perawatan terhadap kulit kering agak susah-susah gampang.  Karena jenis muka kering sensitif terhadap krim, bedan dan kosmetik lainnya.Kulit muka kering memiliki kelenjar-kelenjar lemak yang relatif minim, sehingga produksi lemak kurang.

Adapun salah satu cara merawat muka kering adalah dengan tidak menggunakan sabun wajah biasa. Karena efeknya dapat menimbulkan kekeringan yang lebih parah pada muka. Gunakan susu pembersih yang ringan dan mempunyai kandungan pelembab. Agar kandungan lemak dalam kulit dapat normal.

Berikut tips perawatan yang dapat diaplikasikan sehari-hari :

1. Pagi
Bersihkan muka dengan Facial Wash. Lalu keringkan dengan handuk lembut dengan cara ditepuk-tepuk. Segarkan wajah dengan Face Tonic. Dan gunakan Moisturizing cream, tutup dengan Sunblock Cream/Lotion, lalu aplikasikan Loose Powder/ Two way Cake sebagai sentuhan akhir.

2. Malam
Bersihkan sisa make up dengan Purifying Cleansing Milk. Dan angkat sisanya dengan menggunakan kapas/tissue lembut. Kemudian cuci muka dengan Facial Wash. Keringkan dengan handuk lembut dengan cara ditepuk-tepuk. Segarkan wajah dengan Face Tonic. Langkah terakhir, gunakan Collagen Cream/ Cucumber Cream/ Enriched Night Cream sebelum tidur.

Tentunya selain hal-hal diatas, ada beberapa tips untuk merawat kulit muka yang kering. Beberapa yang harus diperhatikan yaitu :

- Selalu menggunakan krim muka yang mengandung pelembab. Kandungan lemak akan bertahan lama pada kulit sehingga bisa menjaga kelembapan kulit.

- Membatasi penggunaan sabun karena bisa mengakibatkan kulit semakin kering.

- Jenis kulit muka yang kering banyak membutuhkan masker dibandingkan kulit tipe lainnya. Oleh karena itu, gunakan masker secara rutin dan teratur.

- Pakai minyak zaitun atau gliserin jika kulit muka mengalami pengerutan.

- Meminum air putih yang banyak, dan jangan terlalu lama berada di lingkungan panas ataupun dingin. 

Demikianlah tips singkat mengenai perawatan untuk kulit tipe kering yang bisa diaplikasikan sehari-hari. Semoga dengan cara diatas kulit kering bisa menjadi lebih lembab dan terlihat cerah.

Membuat Scrub Madu Jeruk

July 15, 2012


Scrub madu jeruk. Fungsinya adalah untuk membuat kulit wajah tampak bersih dan bercahaya. Jeruk sendiri mempunyai banyak kandungan, diantara mengandung antioksidan dan antibakteri. Selain itu kadar vitamin C dari buah jeruk juga tinggi. Jeruk memiliki kandungan vitamin, mineral, dan kandungan esensial yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh seperti. kalium, karbohidrat, potassium, folat, thiamin, magnesium, vitamin B6, niacain, fosfor, tembaga dan asam pantotenat. Untuk membuatnya relatif mudah dan manfaatnya bagus untuk kulit wajah.


Madu yang dibutuhkan dalam pembuatan masker ini adalah madu alami.Madu sendiri mempunyai sifat antiseptik, yang berguna untuk membunuh bakteri yang menempel di wajah. Fungsi dari membuat scrub madu jeruk ini sangat banyak, salah satunya agar kulit wajah terlihat halus dan bersinar. Dan beberapa tambahan lain seperti almond diyakini mampu menyembuhkan infeksi kulit, dan jus jeruknya berfungsi sebagai penyegar kulit.

Untuk cara membuatnya, bahan-bahan yang perlu disiapkan yaitu :
  • 1 sendok makan madu
  • 1 sendok makan jus jeruk segar, disaring
  • 3 sendok makan almond, di cincang kasa
  • 1 tetes minyak esensial jeruk 
  • yogurt plain secukupnya

Setelah bahan-bahan disiapkan, maka tinggal cara membuatnya :
  • Pertama, masak madu dengan api yang kecil, lalu sedikit demi sedikit tambahkan jus jeruk ke dalamnya. Setelah itu aduk perlahan,angkat dan dinginkan.
  • Lalu gabungkan campuran madu tadi dengan almond yang sudah di cincang. Masukkan yogurt ke dalamnya sampai tercampur rata dan berbentuk seperti pasta. Tidak lupa tambahkan minyak esential ke dalamnya, kemudian aduk rata.
  • Aplikasikan pada wajah dan leher. Pijat wajah dan leher dengan gerakan memutar, dengan menghindari daerah mata dan bibir. Setelah kotoran bersih, bilas dengan air hangat dan keringkan sambil ditepuk perlahan. 
Cara diatas harus diaplikasikan secara rutin agar wajah terlihat bersih dan bersinar. Selain itu scrub madu jeruk ini berguna untuk menekan timbulnya kotoran dan jerawat di wajah.

    Masker Madu Untuk Kulit Sensitif


    Siapa yang tidak kenal dengan Renata Kusmanto. Ya, seorang foto model yang terkenal. Ternyata untuk menjaga kebersihan dan kecantikan kulitnya, dia menggunakan masker madu. Perawatan menggunakan masker madu seperti yang dilakukan oleh Renata Kusmanto memang membutuhkan kedisplinan dan konsistensi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Apalagi, make-up yang selalu menutupi wajahnya saat bekerja membuat kulitnya lebih sulit untuk "bernafas" dan lebih rentan terhadap jerawat.Beberapa manfaat madu yang bermanfaat antara lain untuk :

    • Sebagai Anti Oksidan
    • Melembabkan wajah
    • Mengobati Jerawat
    • Menghilangkan flek-flek hitam
    • Dapat dioles dibibir sebagai pelembeb/pencegah bibir kering
    Karena kulitnya yang sensitif, Renata mempunyai perawatan tersendiri untuk mengatasinya. Sesudah selesai bekerja, dia langsung membersihkan wajahnya dengan susu pembersih dan toner. Tetapi karena make-up yang digunakan cukup tebal, biasanya dia mengulangi langkah ini hingga dua kali. "Biasanya langkah ini diulang antara dua sampai tiga kali agar make-up benar-benar hilang," katanya. Perawatan menggunakan masker yang dilakukan oleh Renata sangat berguna untuk mengurangi minyak dan mengangkat kotoran-kotoran di wajah.

    Dan untuk memastikan kulit wajahnya sudah bersih, Renata meraba-raba kulit wajanya dan merasakan apakah masih ada sisa riasan yang menempel di wajah. Langkah yang kedua yaitu mencuci muka dengan sabun agar make-up hilang secara sempurna. Renata mengakui, perawatan yang dia lakukan tiap hari sangat membantu untuk membersihkan dan mengangkat kotoran serta sel-sel mati di wajah yang menempel.

    Pada perawatannya, Renata selalu menggunakan masker madu seperti jenis kulit yang dia miliki, yaitu kulit sensitif. Tidak sulit untuk membuat masker madu ini, karena masker hanya terbuat dari madu alami. Caranya dengan mengoleskan madu alami ke wajah secara merata. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat.

    Perawatan wajah menggunakan masker madu ini sangat bermanfaat karena bisa membantu merawat dan menghaluskan kulit," pungkas perempuan asli Klaten ini. Selain itu masker madu juga dapat dikombinasikan dengan bahan - bahan alami seperti buah pisang dan melon. Buah-buahan tersebut mempunyai banyak sekali manfaat untuk kulit wajah yaitu mencerahkan dan membuat kulit menjadi bersinar

    Cara Merawat Wajah Pria

    July 12, 2012

    Merawat wajah tidak lagi khusus untuk wanita, tetapi pria juga membutuhkan perawatan agar kulit wajah terlihat bersih dan sehat. Di dalam prakteknya lebih simpel dan sederhana dibandingkan perawatan wajah untuk wanita. Namun di jaman sekarang, banyak pria sudah konsern dengan berbagai produk perawatan wajah. Nah, apabila Anda belum memakai kosmetik atau semacam scrub untuk membersihkan wajah, kemungkinan besar Anda adalah orang yang kurang peduli dengan kebersihan khususnya dibagian wajah.


    cara merawat wajah pria

    Perawatan khususnya bagian wajah,  memerlukan waktu dan disiplin agar didapat hasil yang maksimal. Seringkali para pria hanya membersihkan dan merawat wajah seminggu, dan seminggu kemudian sudah lupa lagi. Maka dari itu, bila sudah tahu tips dan triksnya sebenarnya mudah, hanya dibutuhkan konsisten dan ketelatenan Anda.

    Berdasarkan penelitian, kulit pria lebih berminyak dibandingkan dengan kulit wanita. Untuk itu, perawatannya pun harus membutuhkan produk dan formulasi yang memang khusus untuk kulit pria. Contohnya yaitu seorang pria cocok memakai face wash dibandingkan dengan memakai krim atau lotion. Dibawah ini beberapa tips cara merawat wajah pria yang harus Anda ketahui :

    1. Kulit bersih selalu dijaga
    20%  kulit wajah pria lebih berminyak daripada wanita. Artinya adalah para pria wajib mencuci dan membersihkan kulit setiap hari. Membersihkan wajah dapat mencegah timbulnya jerawat, kulit terlihat segar dan menjadi sehat. Jangan memakai pembersih muka yang mengandung bahan kimia, gunakan pembersih muka yang mengandung scrub. Fungsi scrub untuk mengangkat sel-sel mati dan menghaluskan kulit di wajah.

    2. Jaga kulit wajah dari minyak berlebih
    Kulit yang terlalu mengkilap tidak sehat. Untuk menghilangkan minyak, gunakan kertas minyak atau light powder.

    3. Rutin menjaga kesehatan kulit wajah
    Melakukan facial secara rutin bisa menjaga kesehatan kulit wajah. Lakukan facial sebulan sekali. Hindari kontak langsung dari sinar matahari. Konsumsi vitamin E dan vitamin C, hindari juga rokok, minuman beralkohol.

    4. Gunakan produk yang sehat dan khusus untuk pria
    Pastikan selalu menggunakan produk yang khusus untuk pria, misalnya :
    a. Sabun muka. Jangan menggunakan sabun biasa, Gunakan sabun khusus pencuci muka untuk pria.
    b. After Shave. Produk ini berfungsi untuk membersihkan dan mencerahkan kulit setelah shaving / bercukur. Disamping itu mengandung pelembab yang baik untuk kesehatan kulit agar tidak kering.
    c. Mengangkat kulit mati dengan scrub. Gunakan scrub untuk mengangkat sel kulit yang mati. Rutin lakukan 2 sampai 3 kali seminggu.

    Beberapa tips di atas adalah tips untuk perawatan khusus kulit muka pria. Masih banyak faktor lain yang berpengaruh terhadap kesehatan kulit, disamping pola makan yang sehat dan bergizi, banyak makan buah dan sayur. Tidur cukup 8 jam sehari. Rutin berolahraga,

    Cara Membersihkan Muka

    July 01, 2012


    Siapa yang tidak ingin mukanya kelihatan bersih dan cerah. Semua pasti menginginkan hal itu. Berbagai produk perawatan pun banyak beredar di toko-toko. Namun masih sedikit yang belum mengerti bagaimana caranya, tentu dengan tips perawatan yang baik dan sehat. Pakar kulit kecantikan mengatakan, di Indonesia banyak wanita yang cenderung malas merawat muka. Seringkali karena sudah lelah dengan aktivitas seharian, mereka membersihkan muka seadanya atau malah langsung tidur.
     
    cara membersihkan muka

    Kondisi kulit muka yang tertutup make-up seharian, serta kondisi iklim yang kering dan panas akan merusak kulit apabila tidak dibiasakan untuk dirawat dan dibersihkan secara teratur. Waktu yang baik adalah saat mau mandi dan menjelang tidur. Atau mungkin kita sudah membersihkan sisa make-up, namun hasil yang didapat tidak maksimal. Yaitu pada proses cleansing, akibatnya dapat timbul jerawat dan kulit akan menjadi kusam.

    Nah, untuk itu dibawah ini ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan, yakni :

    1. Pertama, untuk membersihkan sisa make-up dengan sempurna, dimulai dengan sabun muka yang cocok sesuai jenis kulit. Lalu dilanjutkan dengan toner khusus muka yang lembut. Ingat, toner tidak sama dengan penyegar muka, karena fungsinya berbeda.

    2. Proses membersihkan make-up sebaiknya dilakukan rutin minimal 2 kali sehari.

    3. Untuk membersihkan kulit muka, gunakan air hangat. Lalu basahi telapak tangan dengan air, ambil sedikit cleanser, gosok hingga mengeluarkan busa. Bersihkan muka perlahan hingga ke daerah leher dengan busa. Lakukan gerakan memutar sambil dipijat perlahan untuk mengeluarkan sisa kotoran pada muka, sekaligus memperlancar peredaran darah.

    4. Bilas muka dengan kain lembut yang dibasahi air dingin untuk menutup pori-pori. Keringkan dengan handuk kecil.

    5. Langkah terakhir, jangan lupa untuk mengoleskan moisturizer atau pelembap supaya kulit tidak kering.

    Sedikit QnA

    1. Bolehkah memakai sabun mandi untuk membersihkan kulit muka?
    Menurut pakar kecantikan, sebenarnya hal ini tergantung beberapa hal seperti frekuensi pemakaian dan jenis kulitnya. Namun sebaiknya memakai sabun khusus muka, terutama bila kulit kita termasuk kering dan sensitif.
    Karena kadar pH ( tingkat keasaman sabun ) sabun mandi lebih keras dari pembersih wajah.

    2. Toner atau Astrigent, mana yang boleh dipakai ?
    Toner atau astrigent berguna untuk mengangkat sisa kotoran yang tertinggal dan memberi rasa segar pada kulit. Namun jika kita  telah membersihkan kulit dengan sempurna dan kulit terasa nyaman tanpa menggunakan toner, maka tidak perlu digunakan. 

    3. Bagaimana memilih pembersih kulit yang tepat untuk kulit berjerawat ?
    Pakai pembersih yang mengandung bahan anti jerawat seperti salicylic acid ( asam salisilat ) saat muka sedang berjerawat lalu beralih ke pembersih biasa saat jerawat mulai hilang.

    Beberapa tips dan cara diatas dapat dipraktekkan secara rutin agar hasilnya maksimal. Selain itu pola makan dan gaya hidup juga sangat berpengaruh agar kulit kita mendapat asupan makanan yang sehat dan bergizi.

     
     
    Copyright © caramerawatmuka.blogspot.com Cara Merawat Muka